Kerak Telor Jajanan Enak Dari Betawi

LINK MAKAN - Kerak Telor Jajanan Enak Dari Betawi

Kerak Telor adalah salah satu makanan yang tidak bisa dipisahkan dari Kota Jakarta. Apalagi saat momen Ulang Tahun Kota Jakarta. Jajanan Enak ini kabarnya sudah disajikan sejak zaman penjajahan Belanda.

Kerak Telor bukanlah makanan kekinian, Kerak telor sudah ada sejak tahun 1970-an, Namun hingga kini, Kerak Telor masih menjadi ikon kuliner khas betawi yang tak tergerus zaman.

Dilansir dari berbagai sumber, kerak telor tercipta secara tak sengaja. Berawal dari banyaknya pohon kelapa di Jakarta, saat itu masih Batavia, sekelompok warga Betawi mencoba memanfaatkan buah kelapa untuk diolah jadi makanan.

Wilayah Menteng, Jakarta Pusat dulu dipenuhi kebun kelapa. Buah Kelapa yang berlimpah membuat orang-orang mengolah buahnya. Dan salah satu yang dibuat yakni Kerak Telor.

Dan barulah mulai tahun 1970-an Kerak Telor dijajakan oleh orang betawi yang berada dekat Tugu Monas. Mulai dari situlah, banyak orang yang suka dengan rasa omelet khas Betawi ini. Renyah nya beras, telur dan kelapa jadi ciri khasnya. Apalagi dulu kawasan Monas jadi tempat berkumpulnya para pelancong.

Bukan hanya wisatawan, Kerak Telor juga diminati kaum elit di Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Kerak Telor semakin mudah didapatkan, Penjualnya juga semakin banyak, dengan ciri khas membawa pikulan. Kerak Telor diracik saat dipesan sehingga selalu hangat.

Ga usah bingung kalau ingin menikmati kerak telor saat tak ada pergelaran Kebudayaan Betawi. Kamu pun bisa langsung datang ke Perkampungan Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Harga dari Kerak Telor ini pun relatif murah hanya Rp 20,000 saja anda sudah bisa menikmati lezatnya Kerak Telor Betawi ini.

Kerak telor sendiri terbuat dari berbagai bahan sederhana antara lain telur, beras dan kelapa serundeng sebagai taburan. Untuk menambah kelezatannya, kerak telor dimasak dengan bumbu cabai, bawang merah, jahe dan sedikit kencur. Toppingnya selain kelapa serundeng, ada juga bawang goreng yang membuat sajian ini harum semerbak.

Link Makan